Senin, 11 Februari 2013

Dukung penyehatan perusda di pemkot samarinda
Samarinda – Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kaltim HM Fauzi A Bahtar mendorong sikap tegas pemkot untuk melakukan penyehatan perusahaan daerah pergudangan dan aneka usaha (PDPAU) dengan mennyerahkan pengelolaannya ke pelaku usaha. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan kontribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD) PDPAU ke Pemkot Samarinda.
” Kadin sangat mendukung jika pemkot menyerahkan penelolaan PDPAU ke pengusaha. Ini solusi terbaik mengatasi masalah dialami PDPAU yang tidak mampu mengelola aset milik pemkot untuk memperoleh keuntungan,” tegas Fauzi kepada Koran Kaltim, kemarin.

Dijelaskan, mengapa pengelolaan PDPAU harus diserahkan ke pengfusaha?, karena pengusaha yang bergelut dalam aktivitas bisnis oriented tentu memiliki kemampuan dalam mengelola aset yang ada agar menghasilkan, dengan melibatkan lembaga pengusaha terkait. Dengan begitu, diyakini pengelolaannya didasari komitmen yang mengatur antara hak dan kewajiban pengusaha selaku pengelola ke Pemkot selalu pemilik aset.

“Kalau dikelola pengusaha, akan ada hak dan kewajiban serta jaminan bahwa aset tersebut aman dan pasti menghasilkan keuntungan yang menjadi PAD dan disetorkan ke kas daerah. Bahkan, kondisi terburuk jika tak berhasil mengelola, tentu ada jaminan yang bisa disita dari pengusaha sebagai konsekuensi terhadap kewajibannya,”jelasnya.

Meski saat ini pemkot tengah melakukan penyehatan PDPAU dengan menjaring calon direksi, namun fauzi menilai terobosan terbaik adalah menyerahkan pengelolaan aset yang ada di PDPAU untuk dikelola secara profesional.

“Selama ini, PDPAU tak mampu memberi kontribusi maksimal, karena didalamnya banyak mantan birokrat yang ikut bercokol. Hal ini yang melemahkan, posisi direksi. Meskipun masih mengakomodir mantan birokrat, tentu lebih baik jika dipadukan dengan pelaku usaha agar kerjanya lebih maksimal,”terangnya.(ca)